Kompor Mleduuukkk …

Standar

Aah….! Nya’ banjir!

Jakarta kebanjiran, di Bogor angin ngamuk
Ruméh ané kebakaran garé-garé kompor mleduk
Ané jadi gemeteran, wara-wiri keserimpet
Rumah ané kebanjiran gara-gara got mampet

Aa~ti-ati kompor meledug
Aa~ti ané jadi dag-dig-dug (heh.. jatuh duduk)
Aa~yo-ayo bersihin got
Jaa~ngan takut badan blépot

Coba enéng jangan ribut, jangan padé kalang kabut

Aarcgh!!…

(Kompor meleduk, Benyamin S.)

Asyiiikkk … hehehe …

Lagu-lagu Bang Ben yang ringan, segar dan kocak itu cucok banget dah buat pembukaan pembelajaran PLBJ hari ini. Kalo ada yang kagak tau apa itu pelajaran PLBJ, nih saya kasih tau. PLBJ itu singkatan dari Pengenalan Lingkungan Budaya Jakarta salah satu pelajaran mulok lah di Jakarta. Ada juga yang kagak tau mulok itu paan? Syet dah … sini mari … ibu guru kasih tau yak … mulok ituh adalah muatan local, jadi setiap daerah punya mulok ndiri-ndiri tergantung dari potensi daerah yang mo di angkat. Naaahhh … kalo di Jakarta, ya budaya betawinye yang mau di perkenalkan sejak dini same nie anak-anak SD.

Kebetulan pelajaran PLBJ hari inih adalah memperkenalkan alat musik tradisional betawi plus lagu-lagunya. Yang namenye Betawi tentunye kagak lepas dari seniman fenomenal plus controversial yang udeh ngarumin dan ngangkat budaya Betawi. Sapa die??? Kita sambuuuuttt Benyamin Sueb … plok … plok … suuuuiiiiittttt … nah loh … orangnye pan udah kagak ade yeee … hiiiiiiiyyyyyyy ….

Aduuuhh … saya tuh bukannya mau ceritain tentang sepak terjangnya Bang Ben, lagi pula dia bukan pemaen sepak bola kan yak … hehehe. Saya tuh lagi mau cerita waktu saya mengalami apa yang digambarkan oleh Bang Ben dalam lagu ituh. Jadi bisa dibilang, Bang Ben menciptakan lagu kompor mleduk itu terinspirasi oleh kisah saya berikut inih. Percaya?? Ya keterlaluan lah kalo pada percaya … wong saya ngibul … hihihihihi. Tapi … percayalah apa yang akan saya kisah kan pada kalian berikut inih … yang ini bener-beneran true story … ga nyangka juga lagu kompor mleduk itu ternyata bakalan jadi soundtrack cerita saya, kalo saya tau mah, saya mendingan nyanyiin lagu kecil-kecil kunyit … itu lebih mencerminkan sayah … hehehe …

Jadi … begini ceritanya …

Hari itu gelap, bukan karena mati lampu … tapi karena hari sudah malam. Sementara ituh, diluar … angin menderu-deru dengan ganasnya … naga-naganya mo ada badai neh, maklumlah udah masup musim ujan, berita-berita orang n rumah-rumah pada kelelep gara-gara got mampet udah wara-wiri di siaran berita nasional di tipi. Tapi tenang ajah sodara-sodara, di rumah saya mah bebas banjir, bukan karena saya rajin bersihin got yah tapi saya rajin masak … loh apa hubungannya??? Ya … silahkan aja dihubung-hubungkan ndiri … hehehe …

Yup … jadi … ceritanya malem ituh, saya mau memasak hidangan makan malam tuk suami tercinta, menunya sederhana aja ikan bandeng balado. Semua bumbu sudah di ulek, dan ikannya udah siap untuk digoreng dulu. Sebelum kita mulai masak, mari kita nyanyi dulu yaaaahhh …

Goreng-goreng … masak-masak … tumis-tumis …

Udah segitu aja nanyinya, lupa lagi lanjutan liriknya. Untuk menghemat waktu, mari kita mulai ajah ya masaknya, tadi itu mau goreng ikan bandengnya kan. Saya punya trik khusus nih gimana caranya menggoreng ikan bandeng … pertama, taruh minyak goreng secukup di atas wajan teruuusss …nyalain kompornya daah … cekleeeekkk … BLUUUPPP … KYAAAAAA … *untuk lebih mendramatisir cerita, sayah putar kembali lagunya Bang Ben yaaa …*

Ruméh ané kebakaran garé-garé kompor mleduk
Ané jadi gemeteran, wara-wiri keserimpet
Aa~ti-ati kompor meledug
Aa~ti ané jadi dag-dig-dug (heh.. jatuh duduk)

Maka selanjutnya itulah yang terjadi … sayah bener2 gemeteran … cuma bisa jejingkrakan di depan kompor yang tiba-tiba mleduk ga ada juntrungannya ituh. Setelah otak waras saya kembali, tindakan pertama yang saya ambil adalah ngambil keset kamar mandi yang terdekat dari kompor, itu keset dengan kalap saya lelepin ke dalam bak kamar mandi yang baru aja dikuras n di isi penuh. Terus langsung saya lembar keset yang udah kuyup itu ke bawah kompor tempat muasalnya api … *Tentunya ini dengan gerakan yang super cepet yah, bukan slow motion* … wadoooowwww … apinya ga padam-padam juga. Langkah selanjutnya adalah lari-lari kecil antara dapur, kamar tidur n ruang tamu macam sa’i lah kalo lagi ibadah haji, kira-kira tujuh kiteran …abis itu baru inget … sayah harus tereak (dari tadi lupa tereak …) dan keluar cari bantuan, coz otak waras saya sudah kembali ilang dan tidak bisa membantu lagi. Maka itulah yang saya lakukan … menjerit,

HEEEEERUUUUUUUUUUUUUU ….”

Terus lari menuju pintu samping yang menghubungkan antara ruang tamu dan rental kecil-kecilan di bagasi rumah. Heru?? Pastinya pada bertanya-tanya dunk, kena saya panggil nama itu. Eitss … jangan salah yah, Heru itu bukan bahasa gaul saya untuk tereakan minta tulung yah, dan juga bukan nama suami sayah yang kebetulan malam itu ada keperluan di luar. Heru itu nama karyawan saya yang tugasnya melayani pelanggan yang mau ngerental.

Heruuuu … mana heruuu … mana heruuuu …” Dengan paniknya, saya menyebut namanya tiga kali, dengan harapan jin heru segera datang. Ternyata, untung tak dapat di raih dan malang ada di Jawa Timur. Herunya lagi sholat di masjid … tapi untung juga sih, di situ ga ada dia … wong saya keluar-keluar dengan keadaan yang seksi nian, pake celana pendek tanpa kudung … walah … orang panic emang suka lupa diri yah … dan orang lupa diri itu suka ga ingat gituh deh …

Ya udah … akhirnya, terpaksa … saya yang harus menangani masalah kompor mleduk ini sendirian n berusaha menyelamatkan rumah dari kebakaran. Maka saya masup lagi ke dalam … berlari menuju dapur … tuh api masih membara mengerikan … duuuhhh …rasanya mo pingsan … saya kembali jejingkrakan ga tau harus gimana … tiba-tiba … CLIIINGGG … ahaaaa … Bukan sulap bukan sihir sodara-sodara … dengan sekonyong-konyong saya menerima wangsit berupa visi (baca : penglihatan) … saya melihat bahwa switch kompor gas itu masih dalam keadaan on … n wangsit yang baru aja turun dengan jelas memerintahkan saya untuk memutar switch itu ke arah off … dengan cekatan dan kecepatan kilat saya pun melakukannya … cekleekk …. Blupp … wuusshhh … sekali lagi … bukan sulap bukan sihir, itu api tiba-tiba surut dan hilang dari pandangan mata … HEBAAAAAAAATTTT …. Huuuffffff … dengan lemesss saya merosot ke lantai … ga sanggup lagi berdiri selama beberapa saat. Ya Allah … Alhamdulillah … saya terbebas dari musibah kebakaran … tiada henti-henti nya saya bersyukur malam itu.

Dengan merangkak menggunakan tangan saya menuju kamar dan meraih HP … telpon mas ku … untuk melaporkan kejadian hari inih ….

Maaaasssss … pulaaaaaanggg … kompor mleeeduuukkk … rumahnya ampiiirr kebakaaaaraaaan …

Ooohhh … terus apinya udah padam kan sekarang?” Jiaaaa … tenang banget dia ngomong gitu, ga tau apah istrinya udah ampir kena serangan jantung …

Semenjak hari itu, saya mengidap penyakit akut … fobia dengan kompor gas. Untuk beberapa hari saya ga berani nyalain kompor. Rasanya jantung ini mo copot aja kalo denger punya ceklek ketika switch kompor di putar on, rasanya di mata saya ituh kembali terlihat api yang menjilat-jilat … gemes melihat kulit saya yang mulus. Duuuhhh … repot euuyyy … jadilah selama beberapa waktu saya harus minta asisten koki (baca : mas-ku) khusus untuk menyalakan kompor … sementara saya nyungsep di tempat tidur sambil nutup kuping rapat-rapat pake bantal guling … hihihi … ga kuat banget denger bunyi ceklek ituh. Ribetnya tuh kalo asisten koki gi kerja or keluar rumah … tapi untunglah dia tuh ngerti banget sama trauma istrinya, dengan sekali ngelus Hp dan mengucapkan mantra berikut inih : mas, pulang dong. Icha mau masak, tolong nyalain kompor dooong … wuuusshhh … asisten koki sudah nongol di depan mata … hehehehe ….

Pernah juga yah … di masa-masa trauma itu, mas-ku ngajak makan di Hanamasa. Tau dunk resto Jepang dengan konsep buffee n self service ituh. Ngomong-ngomong … restoran itu ga sopan banget yah, tau kan tamu itu raja, eh tapi tamu di situ mah disuruh ambil makanan sendiri … yang paling parahnya mah … tamu disuruh masak sendiri … ckckckckck …parah ya … hihihihihi. Naaahhh … urusan inilah yang bikin saya sekali lagi mengalami serangan jantung dini … itu loh … kompor gas … ternyata ditempatkan di dalam meja di depan idungku … kebanyang dunk kalo tiba-tiba tuh kompor mleduk … niscaya aku tidak bisa menyelamatkan idung bangirku dah … ampuuuunnn … lemeeesssss bangeeeeetssss … tapi walaupun lemes-lemes gituh, kalo sajian hanamasanya dah jadi mah tetep napsu juga seeh … xixixixixi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s