ANGELS & DEMONS serta Keberadaan CERN

Standar

Baru kali ini aku membaca novel karya Dan Brown, yah walaupun sedikit telat ga apa-apalah …. toh yang namanya novelkan ga pernah ada kadaluarsanya. Kebetulan aku dapat pinjaman dari anak buah, judul novelnya Angels & Demons kalo di translate sih artinya Malaikat dan Iblis. Dalam novel ini, tokoh utama masih sama dengan film fenomenalnya yang berjudul The Da Vinci Code, yaitu Robert Langdon si ahli sejarah dan simbol-simbol kuno dari Harvard. Selain itu, ternyata Dan Brown masih demen banget menguliti masalah keagamaan khususnya Katolik, terlihat dari setting ceritanya yang ga main-main ngambil latar kota para paus Vatikan.

Ceritanya dibuka dengan pembunuhan Leonardo Vettra seorang fisikawan dari lembaga riset CERN di laboratoriumnya. Plot cerita kemudian beralih ke kediaman Robert Langdon, di mana Langdon menerima kiriman fax yang berisi gambar mayat Leonardo Vettra dan sebuah simbol di dada Vettra yang sengaja ditorehkan si pembunuh untuk menunjukkan jatidiri kelompok si pembunuh. Simbol itu merujuk pada kelompok Illuminati, suatu kelompok rahasia dari beberapa abad yang lalu yang seolah-olah bangkit dari kubur untuk menunjukkan eksistensinya. Di Laboratorium CERN Illuminati juga mencuri zat antimateri yang bisa berubah menjadi bom dahsyat. Singkat cerita, tujuan kelompok Illuminati mencuri zat antimateri adalah untuk menghancurkan vatikan.

Tapiiii … aku ga niat menceritakan garis besar ataupun keseluruhan dari isi novel ini (baca aja ndiri … ato … udah baca kali yee …). Yang ingin aku soroti adalah keberadaan CERN itu sendiri. Ternyata, lembaga CERN tempat berkumpulnya para jenius sedunia itu benar-benar ada loh. Letaknya juga benar-benar ada di Swiss. Berita terbarunya, pada bulan ini CERN akan menggelar penemuan fenomenalnya yaitu penciptaan kembali versi mini “Ledakan Besar” (Big Bang). Para ilmuwan percaya ledakan besar inilah yang menciptakan alam semesta 15 miliyar tahun yang lalu. Ga tanggung-tanggung, CERN mengakui bahwa instumen ilmiah ini adalah yang paling rumit dan paling besar di dunia. Bayangkan, mesin LHC (Large Hadron Collider) akselerator partikel di CERN yang dijadwalkan akan dinyalakan pada bulan September ini keliling lingkarannya sejauh 27 km dengan kedalaman 50-175 km.

Wow … jadi yang namanya antimateri itu benar-bener ada juga. Mmm …. jadi ikutan ngayal seperti Dan Brown … penemuan itu disabotase …. oke … stooopppp ….yah berharap saja, penemuan tersebut membawa harapan baru bagi dunia. Walaupun aku ga tau pasti apa tujuan mereka menciptakan kembali “Big Bang” ini, apakah hanya sekedar untuk membuktikan teori mereka, ataukan ada “materi” baru yang diciptakan darinya. Mengingat, “Big Bang” inikan yang membentuk bumi di masa lalu… well baca aja disini , disini, dan disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s