Keajaiban Kata-Kata

Standar

Dr. Masaru Emoto, seorang peneliti dari Jepang, telah melakukan penemuan-penemuan yang patut dicatat tentang relasi antara pikiran dan materi dengan menggunakan kristal-kristal air. Dengan menggunakan sebuah mikroskop yang sangat kuat dan teknik pemotretan berkecepatan tinggi di ruangan yang sangat dingin, ia memotret kristal-kristal air yang beku.
Ia menemukan bahwa kristal-kristal berubah ketika pikiran-pikiran yang spesifik dan terpusat diarahkan kepada mereka. Misalnya, ketika ia menyajikan kata-kata dan musik yang indah (tertulis atau diucapkan) untuk membentuk kristal-kristal air, ia mengamati bahwa air berkembang ke dalam pola-pola yang kompleks, indah, dan berwarna-warni, seperti serpih salju. Air yang dipaparkan terhadap pikiran yang berenergi rendah, misalnya emosi negatif (takut, marah, dan sebagainya), memiliki pola-pola yang berwarna buram dan tidak simetris.
Dari penelitian ini dan penelitian serupa lainnya, mudah dibayangkan bagaimana kata-kata dan pikiran berdampak sama pada tubuh manusia karena tujuh puluh persen dari tubuh kita adalah air, sebagaimana bumi sendiri.

Dikutip dari buku “Keajaiban Kata-Kata”. Yvonne Oswald. Gramedi, Jakarta : 2008

 

Hari itu, aku ga masuk kerja. Rasa bersalah, takut, sedih, sakit hati, marah, kecewa, dan sejuta emosi negatif menguasaiku, dan aku membiarkannya mengukung hati dan pikiranku. Karenanya seharian aku ga keluar kamar, hanya di tercenung di pojok kamar, sembari memutar kembali slide-slide peristiwa yang menjadi penyebab kehancuran mentalku hari ini. Sekali lagi, aku tak berusaha untuk mem-pause atau menyetop slide itu. Aku membiarkan diriku dikendalikan oleh pikiran-pikiran buruk.

“Aku tidak berguna ….pecundang …..”

“Kurang ajar, dia bicara seenak udelnya sendiri tanpa perduli dengan perasaanku.”

“Dia sama sekali tidak bijak, tidak pantas menjadi pemimpin, aku akan bicara untuk menolak tugas tidak adil ini.”

“Kenapa harus aku yang bertanggungjawab? Benih masalah itu sudah tertanam sejak lama, hanya kebetulan baru muncul saat ini, dan aku menjadi korbannya.”

“Aku merasa seperti terdakwa, tertuduh dengan semua ucapannya …”

“Jangan-jangan ini hanya sebagai alasan dia untuk memecatku, atau dia lagi ngetes aku. Ya … ini sebuah ujian, kalo aku ga lulus, berarti PHK didepan mata ….”

“Aku akan datang untuk berbicara dengan dia, aku akan bilang aku merasa terhina dengan perkataannya, dan tugas ini… aku menolak untuk melaksanakannya ….”

Yah … kira-kira seperti itulah kata-kata yang berputar-putar di benakku.

Aku tau, aku harus berhenti untuk memberi “makan” benakku dengan emosi-emosi negatif, tapi aku tidak bisa menghentikannya … hingga suamiku datang.

AKu mengadu padanya, minta dia memberikan penyeimbang positif, karena aku tau … kata-kata penyemangat akan sangat bermanfaat untuk menyehatkan kembali mentalku yang terpuruk.

Benar saja, dengan gayanya yang khas, suamiku mulai merangkum kata-kata segar untuku. Kata-katanya bagai mantra yang menghipnotisku sehingga aku lupa dengan segala deritaku seharian ini. Rasanya enteng sekali hatiku. Kata-kata positifnya merupakan pencerahan bagiku. Bener-bener seperti ada matahari yang bersinar cerah di atas kepalaku saat itu, padahal seharian diriku terselimuti awan gelap.

Lihat, aku baru sadar, diriku ternyata hanya seonggok daging yang dikuasai oleh kata-kata. Betapa rangkaian huruf-huruf yang semula tak bermakna dapat mengendalikan seluruh jiwa dan ragaku. Sebaris kata bermuatan negatif, sanggup mendatangkan awan badai yang begitu gelap mengelayuti hati, dan seuntai kata indah bermuatan positif mampu menghalau badai dengan sekejap mata seraya meninggalkan pelangi indah dihatiku.

Kini aku percaya ……. kata-kata akan selalu bermakna …….. positif atau negatif itu tergantung pilihanmu sendiri ………

Sudahkah anda mengatakan hal positif hari ini?

One response »

Tinggalkan Balasan

