Selamat Hari Ibu ….

Standar

ibu.jpg    Pagi Hari ini ……

Kebetulan hari ini sekolah tempat aku mengajar menyelenggarakan pembagian raport UAS semester ganjil. Orang tua yang datang didominasi oleh kaum Ibu, hanya segelintir bapak-bapak yang datang mewakili istrinya yang sedang berhalangan. Para Ibu itu datang dengan penuh rasa sambil bersabar menunggu giliran kesempatan untuk bertatap muka dengan guru anaknya. Kecemasan tak dapat di tutupi ketika sang Ibu mendapati report hasil belajar anak-anaknya. Ada yang belum juga melihat sudah mencerocos menebak-nebak nasib anaknya, ada juga yang akhirnya tersenyum bangga demi melihat hasil belajar buah hatinya yang memuaskan. Beberapa lagi begitu seksama menyimak saran-saran dari guru untuk perbaikan prestasi akademik putranya, atau bahkan komplain terang-terangan demi melihat nilai ganjil di bawah 7 terlihat di raport anaknya, dan kemudian membela habis-habisan harga diri putra kesayanganya di depan jajaran guru-guru yang hampir saja memvonis anak kesayangannya termasuk anak ‘lower’. Duuuhhh …. Ibu …. apapun akan Kau lakukan untuk buah hatimu …..

Siang Hari ini …

Setelah usai acara pembagian raport di sekolah, aku harus menghadiri acara pengajian pekanan yang juga khusus diadakan untuk kaum Ibu. Di antara para Ibu yang hadir, terseliplah sesosok Ibu … ummu Nisa panggilannya, datang membawa anak ke empatnya yang masih juga belum genap berusia 2 tahun, ngomongnya masih cadel dan belum jelas sekali. Si anak mengoceh sesuatu berusaha mencurahkan perasaannya tentang sebentuk benda, umminya dengan sabar meladeni ocehan putrinya itu. Padahal … menurutku Vida putri Ummu Nisa itu entah mengoceh dengan bahasa planet mana, terkadang hanya dengan body language saja, tapiiii …. yang mengherankan Ummu Nisa selalu tau apa yang diinginkan dan dirasakan oleh putri kecilnya itu. Ckckck ….

Di sudut lainnya, Ummu Salma menceritakan pengalamannya dengan dua anaknya yang terkecil. “Bu, si Ibad itu ga bisa tidur loh kalo ga meluk saya. Terus si Salma ini harus ngempeng dulu dengan saya baru bisa tidur. Jadi, kalo mau tidur itu di sisi kiri ada Ibad yang meluk saya, terus di sisi kanan Salma yang ngempeng sama saya. Abinya sama kakaknya ngalah deh di kamar sebelah ……hihihi ….” Oh Ibu …. kasih sayangmu memang tidak tiada duanya …..

Sore Hari ini ….

Tadi siang, bapakku mengundangku untuk makan bersama di rumah. Kebetulan Mama lagi masak gulai kambing dan empal goreng kesukaanku. Aku datang dengan perut yang kosong keroncongan karena beragam aktivitas sedari pagi dan belum sempat makan siang. Mama menjamu kami dengan sepenuh hati, empal gorengnya dibuat dengan resep khusus pesananku, rasanya ueeenaaaakkk tenaaannn, mama tersenyum saja ketika kupuji masakannya ….. ah Mama ….. selalu saja begitu ….

Malam Hari ini ….

Setelah pulang dari rumah Mama, road show selanjutnya adalah ke rumah Ibu mertua. Ketika sedang asyik-asyiknya mengobrol, adik iparku berteriak dari kamarnya meminta mengambilkan sesuatu, ibu datang tergopoh-gopoh menghampiri sambil memberikan barang yang diminta. Tak lama, giliran papah mertua yang minta dibuatkan kopi, terpaksa Ibu memutuskan obrolan serunya denganku demi memenuhi hak suaminya. Ketika obrolan kembali tersambung, telepon selular milik adik ipar berbunyi nyaring, Ibu kembali bangkit meraih Hp dan menyerahkannya kepada adik ipar di kamar yang sedang asyik berchatting ria dengan sang pacar. Ibu ….

Saat Ini ….

Aku baru ingat, kalau hari ini adalah hari Ibu ….

Ibu, Mama, Bunda, Ummi, Mami, atau apapun sebutan untuk wanita  itu tetaplah sama. Mereka adalah sosok mulia yang tanpanya …. kita ini bukan siapa-siapa ….

Padanya mengalir mata air kasih sayang yang tiada pernah terhenti …..

Padanya kita berlindung dari segala ketakutan-ketakutan …

Dalam dekapannya …. dunia terasa damai

Ketika dia tersenyum …. derita seakan sirna ….

Tiada yang mampu menggantikan engkau Ibu …. Ibu …. Ibu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s