Sakit Pinggang

Standar

Ada-ada saja yang aku rasakan sekarang ini. Geraham bungsuku sudah mulai jinak sekarang, ternyata obat dokter RS. Tugu Ibu itu paten tenan. Tetapi, sakitnya berpindah ke pinggang sekarang. Rasanya mengganggu sekali, sudah dipijet tradisional sama suami n ditempel koyo masih juga belum enakan. Apa mungkin terlalu banyak duduk di depan komputer kali ya terus lupa minum. Tapi engga juga ah, aku ini orangnya suka minum n gampang haus, jadi kalo mau kerja selalu siap air minum di sebelahku. Terus kenapa ya 2 hari ini pinggangku ga enak sekali rasanya? Bukan nyeri sih… Iseng-iseng aku browsing lagi nih, lumayan biar tambah ilmunya n inilah yang aku dapatkan :

Sakit pinggang ini adalah gangguan yang sering didapat orang, umumnya hampir setiap orang pernah mengalami satu kali sakit pinggang dalam hidupnya. Di Amerika, sakit pinggang merupakan penyebab kedua mengapa orang berobat ke dokter. Penyebab nomor satu adalah influenza.
Tulang belakang. Alat tubuh yang paling sering dicurigai sebagai penyebab sakit belakang adalah tulang belakang, saraf dan otot-otot sekitarnya serta jaringan lunak lainnya

Lokasi
Lokasi sakit belakang yang paling sering adalah sakit pinggang, sebabnya adalah berat badan sebagian besar bertumpu pada tulang belakang lumbal yang terletak di pinggang itu. Selain itu, bila kita memutar tubuh maka pinggang yang paling berpotensi timbul „keseleo” (muscle strain).

Beberapa penyebab sakit pinggang:
Beberapa kondisi yang mendukung terjadinya sakit pinggang adalah tonus otot-otot pinggang tidak terjaga baik, kelebihan berat badan terutama di sekitar bagian perut/pinggang, gerakan mengangkat secara sembarangan, posisi duduk atau berdiri yang tidak baik sehingga memberikan beban ekstra pada pinggang

Keseleo otot (muscle strain)/ otot yang tertarik. Otot yang tertarik/teregang termasuk tendon dan ligamen atau sendi yang meradang dapat menyebabkan sakit pinggang
Spasme otot. Otot yang berkontraksi (spasm) merupakan akibat adanya kerusakan. Spasme ini sebenarnya dimaksudkan untuk mengistirahatkan bagian yang sakit sehingga mencegah kerusakan lebih lanjut
Osteoartritis. Adalah proses penuaan sendi biasanya pada usia di atas 60 tahun. Terjadi kerusakan tulang rawan yang melapisi permukaan dalam sendi ruas tulang belakang.
Sciatica. Nyeri karena terjepitnya saraf atau meradang, dirasakan di bagian pinggang, dapat menjalar ke bokong/bagian belakang tungkai
Osteoporosis. Sekitar satu dari tiga wanita usia lebih dari 50 tahun merasakan sakit pinggang karena ada ruas tulang belakang yang keropos (osteoporosis) dengan fraktur-fraktur kecil di ruas tulang belakang, atau rapuh tergencet (compression fracture).
Hernia bantalan. Suatu sobekan atau tekanan pada bantalan dapat menyebabkan bantalan menggembung atau pecah sehingga menekan saraf.
Fibromyalgia. Sakit pinggang karena kekakuan otot dan tendon.
Ginjal. Sakit pinggang juga dapat disebabkan gangguan dari organ dalam misalnya ginjal, antara lain pada penyakit infeksi baik akut maupun kronis, batu ginjal, bendungan pada ginjal dan sebagainya. Melalui pemeriksaan urin rutin di laboratorium biasanya diperoleh informasi penting tentang gangguan ginjal.
Selain itu luka pada usus 12 jari yang terletak di bagian belakang, tidak jarang dirasakan sebagai nyeri yang menembus ke tulang belakang. Sakit pinggang dapat juga berasal dari organ dalam panggul (pelvis) misalnya: infeksi kandung kemih, endometriosis (jaringan endometrium dari kandungan /uterus yang berada diluar uterus), kanker ovarium (indung telur), kista ovarium, testis yang terputar dan sebagainya.

Risiko
Seseorang berada pada risiko sakit pinggang bila: Bekerja pada konstruksi, atau pekerjaan yang memerlukan mengangkat barang berat, banyak membungkuk atau berputar atau vibrasi seluruh tubuh seperti pada pemakaian alat tumbuk /pemadat batu.
Atau Punya postur tubuh yang jelek, Sedang hamil, Umur lebih dari 30 tahun,
Perokok tanpa berolah raga atau kelebihan berat badan, Punya sakit sendi atau osteoporosis, Punya ambang batas nyeri yang rendah, Sering merasa stress dan atau depresi.

Pemeriksaan
Sesudah dokter memeriksa fisik, dan menentukan arah penyebab sakit pinggang maka pemeriksaan-pemeriksaan penunjang yang dianjurkan antara lain:
Pemeriksaan Rontgen tulang belakang, pemeriksaan EMG (Electro Myography), bila saraf terlibat, untuk memeriksa konduksi saraf, menemukan iritasi pada saraf.
Pemeriksaan lebih lanjut misalnya MRI (Magnetic Resonance Imaging) atau CT Scan (Computed Tomography) untuk memeriksa keadaan bantalan, keadaan saraf, otot, ligamen, tulang rawan, tendon, dan sebagainya.
Lain-lain: pemeriksaan densitas tulang untuk osteoporosis, bone scan untuk tumor-tumor.

Perlu Diwaspadai
Kebanyakan sakit pinggang karena gangguan tulang belakang, otot tidak membahayakan, sekitar 80 – 90 % akan membaik, bisa sampai kurang lebih 6 minggu. Kalau strain otot atau ligamen agak hebat, dapat memakan waktu sampai 12 minggu.
Sakit pinggang yang serius perlu diperiksa lebih dalam pada kondisi-kondisi:
*) Gangguan kontrol kandung kencing atau usus besar
*) Rasa baal di selangkangan atau sekitar anus
*) Rasa lemah atau baal di tungkai
*) Sakit pinggang yang mengganggu saat sedang tidur
*) Demam
*) Berat badan cepat turun
*) Sakit pinggang mendadak tetapi tidak ada perbaikan dalam 1 – 2 minggu
*) Riwayat penyakit kanker
*) Sakit pinggang yang tidak mereda

Hal yang Bisa dilakukan :

Bila Anda merasakan nyeri pinggang, jangan terus punya pikiran yang membuat terlalu khawatir karena hal ini akan menambah ketegangan otot yang tentu bisa menambah sakit pinggang. Tapi tenangkan diri dan cobalah beberapa hal berikut ini:

* Ubahlah posisi Anda secara berkala apabila Anda harus duduk/berdiri/membungkuk yang terlalu lama. Bangunlah, bergerak, bungkukkan badan ke depan dan ke belakang.

* Hangatkan bagian yang sakit selama 15 menit, satu atau dua kali seminggu (dengan menempelkan handuk hangat atau botol berisi air panas). Apabila kompres panas malah menambah rasa sakit, kompres dingin (es) dapat dicoba.

* Pijatlah bagian yang sakit secara perlahan-lahan dengan mengoleskan krem/salep/balsem antisakit atau anti radang.

* Bila perlu minumlah obat pereda rasa sakit seperti antalgin, parasetamol, aspiril sesuai dengan dosisnya.

* Periksakan ke dokter bila sakit tidak berkurang, nyeri terasa menjalar ke arah kaki, tidak bisa bangun setelah membungkuk, atau air kencing berdarah/kotor/berbau busuk.

* Panggil ambulans atau segera bawa ke rumah sakit bila nyeri pinggang disebabkan oleh jatuh atau pukulan pada tulang belakang, atau disertai dengan kelemahan pada kaki dan kehilangan kontrol buang air besar/air kecil.

Pencegahan
Sakit pinggang pada dasarnya dapat dihindari bila kita dapat menjaga kondisi fisik dengan baik. Sebaiknya melakukan latihan-latihan aerobik yang teratur, tetapi yang tidak membebani pinggang, antara lain olahraga jalan, berenang, bersepeda, maupun senam-senam yang memperkuat dan memelihara fleksibilitas otot-otot belakang dan perut
 

Sumber :

http://www.sinarharapan.co.id/iptek/kesehatan/2004/

http://kompas.com/kompas-cetak/0311/13/ilpeng/684443.htm

11 responses »

  1. Setelah saya membaca apa-apa saja yang menyebabkan sakit pinggang, saya dapat gambaran yang cukup ttg sakit pinggang, karena saya merasakan pinggang saya terutama sendi yang dipinggang setiap bangun tidur atau bersila agak lama atau lainnya yang sifatnya pinggang tertekuk agak lama rasanya agak linu atau kaku. Tetapi bila sudah digerak-gerakkan sedikit hilang rasa linunya atau rasa enakan. Tetapi setiap saat masih saja rasa tidak nyamannya tetap ada. Apa ini perlu ke dokter untuk memastikan penyebab sakit pinggang tersebut. Trima kasih atas infonya

  2. Aku juga mengalami sakit pinggang, terus menjalar ke kaki. Ini bergantian kadang pada pinggang kiri dan kaki kiri, terus pindah pinggang kanan dan kaki kanan. Wah repot deh…

  3. Aku jg sering sakit pinggang kiri. Kt dokter infeksi saluran ginjal. Mungkin krn aku doyan makan yg pedas2. Tp stlh rajin minum jamu temulawak alhamdullillah gak kumat lg.

  4. sakit pinggangku kayanya karena pernah salah posisi dalam mengendong anak. tp ada yg bilang karena salah dokter anestesi pada saat operasi caesar. mirip banget kaya yg dialami Swasasi, sudah coba kemana-mana tp tidak pernah sembuh, ada suggestion? karena kadang tidak dapat menahan sakitnya, batuk saja sakitnya kemana-mana

  5. saya ndak tahu tiba2 aja pinggang kiri dan bokong kiri sakit saat mau bangun salat malam, dicek asam uratnya 5,4 (cek sendiri dgn easy touch gcu ), kmrn mlm memang habis makan rempela dan ati ayam ttpi tdk banyak.apa mgkin gangguan ginjal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s